BREAKING NEWS

Friday, March 18, 2016

Kue Bikang dan Kue Klepon, Jajanan Pasar Khas Nusantara Yang Masih Eksis

Kue bikang dan kue klepon termasuk dalam jajanan pasar karena banyak kita jumpai di pasar tradisional. Tak jarang pula kue ini dijual di toko kue maupun toko jajanan yang besar. Kedua kue ini adalah jajan basah khas nusantara yang digemari oleh masyarakat. Cocok dihidangkan sebagai camilan maupun kudapan baik pagi dan sore hari dengan ditemani segelas teh hangat ataupun secangkir kopi.

Kue bikang memiliki bentuk yang sangat unik, bentuknya seperti kue apem, namun bagian atasnya terlihat mekrok mekrok (mekar) dan berwarna warni. Biasanya terdiri dari 1 warna saja, tapi banyak juga yang dijual di toko dengan warna lebih dari 1 macam. Sedangkan untuk kue klepon memiliki bentuk bulat bulat kecil, di bagian tengah ada isinya berupa gula merah atau gula pasir yang menjadikan rasanya manis saat digigit, dan bagian luarnya ditaburi dengan parutan kelapa muda.

Meskipun kue bikang banyak dijumpai di pasaran, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba membuatnya sendiri di rumah, Bahan bahan yang disiapkan antara lain terdiri dari dua jenis, yakni bahan untuk biang dan bahan untuk kue. Bahan untuk biang adalah santan dan tepung beras, sedangkan bahan untuk membuat kuenya adalah pewarna makanan sesuai selera, tepus beras, garam, gula pasir, tepung terigu,dan santan.

Cara untuk membuat kue bikang adalah sebagai berikut :


1. Buatlah campuran biang terlebih dahulu dengan memasak santan dan tepun beras sampai mendidih
2. Setelah mendidih, campurkan tepung terigu, tepung beras, gula dan garam dan aduk
3. Saat adonan hangat tuanglah santan, kemudian uleni sambil menepuk adonan selama kurang lebih 30 menit
4. Campurkan pewarna makanan ke dalam adonan dan ratakan
5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kurang lebih sampai tiga per empat
6. panggang kue bikang sampai mekar dan berpori kemudian angkat setelah matang

Demikian penjelasan bahan dan cara memasak kue bikang, semoga bermanfaat ya..


Kue Bikang

Kue Klepon

Post a Comment