BREAKING NEWS

Wednesday, February 10, 2016

Meneroka Air Terjun Tersembunyi Dukuh Bakaran, Piji Dawe Kudus

Bicara tempat wisata di kabupaten Kudus tak akan ada habisnya jika digali lebih dalam. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang belum diketahui oleh masyarakat. Selain air terjun montel yang sudah sangat terkenal, ternyata masih ada air terjun yang belum banyak dipublikasikan. Diantaranya adalah air terjun yang terletak di dukuh Bakaran desa Piji kecamatan Dawe kabupaten Kudus.

Lokasi air terjun ini mudah ditemukan, bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi. Terletak kira-kira 15 km dari pusat kota Kudus ke arah utara, rutenya sama persis dengan arah menuju gunung Muria. Dari pasar piji dawe lurus ke utara sampai ada pertigaan menuju arah ternadi belok kanan. Ada tiga dukuh yang harus dilalui yakni dukuh peterongan, dukuh benter dan yang terakhir dukuh bakaran, semuanya masuk dalam wilayah desa Piji. Sesampai di dukuh bakaran, anda harus berhenti di masjid besar dukuh ini, hanya di masjid inilah motor atau mobil anda bisa diparkir untuk kemudian turun menuruni jalanan tanah setapak. Sampailah anda di air terjun tersebut, di bawahnya mengalir sungai yang cukup deras jika musim penghujan.

Meskipun air terjun ini mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun keindahan alam di sekitarnya mampu membuat anda terkagum dan terpesona. Hamparan sawah penduduk yang menghijau, gemericik aliran air sungai dan aktivitas penduduk sekitar mampu membuat damai setiap mata yang memandang. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menuju air terjun ini karena air terjun bakaran ini bukan tempat wisata dan tidak dikelola oleh masyarakat maupun pemerintah.

Air terjun bakaran ini tidak sendirian, jika anda naik ke atas melewati persawahan, anda akan menemukan sebuah goa kecil di tengah jurang. Masyarakat setempat percaya jika ada yang bisa melewati goa tersebut maka bisa sampai ke Jepara. Entah benar atau tidak tapi mitos ini  berkembang di masyarakat meskipun belum ada bukti yang menunjukkan kebenarannya.

Apakah anda tertarik mengunjungi air terjun bakaran ini? hal yang harus diperhatikan adalah menjaga keselamatan diri, mengingat sekarang adalah musim penghujan jadi sebaiknya menghindari berkunjung ke sungai saat hujan turun. :)

Air Terjun Bakaran

1 comment :

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.

    ReplyDelete