BREAKING NEWS

Wednesday, February 3, 2016

Menerka Cagar Budaya Candi Asu, Antara Nama dan Cerita

Tak perlu diragukan lagi, Kabupaten Magelang memang menyimpan banyak sekali peninggalan Candi. Bahkan Candi Borobudur pernah menjadi 7 keajaiban dunia yang sangat terkenal. Selain Borobudur, percaya tidak percaya di lereng gunung Merapi yang dingin, tepatnya di dukuh Candi Pos desa Sengi kecamatan Dukun kabupaten Magelang terdapat sebuah candi yang unik. Dari namanya saja anda pasti menduga candi tersebut bohong alias hoak. Akan tetapi, candi tersebut benar-benar ada dan telah dilindungi Undang-Undang RI No. 10 Tahun 2010 sebagai cagar budaya. Candi tersebut bernama Candi Asu, nama lainnya adalah Candi Sengi.

Candi Asu

Relief Candi Asu

Nama Asu sendiri dalam bahasa jawa berarti anjing. Anjing memiliki perangai yang buruk, bahkan di jawa sendiri anjing atau asu adalah sebuah kata untuk mengumpat orang lain. Namun ada dua versi mengapa candi ini bernama candi Asu. Pertama adalah ngaso atau aso yang dalam bahasa jawa berarti beristirahat, menurut cerita jaman dulu ada seorang prabu yang beristirahat di tempat ini. Sedangkan versi kedua terkait mitos masyarakat setempat yang menyebutkan bahwa terdapat sebuah arca yang memiliki bentuk seperti asu atau anjing. Masih menurut cerita, arca tersebut adalah Dewindani, sosok perempuan yang memiliki sifat suka selingkuh meskipun sudah punya suami sehingga diibaratkan memiliki perangai seperti anjing.

Bagian Dalam Candi Asu

Kepercayaan setempat yang masih dijaga hingga kini bahwa candi tersebut ada yang menjaga. Jika berkunjung ke sana disarankan agar tidak membawa balsem maupun minyak gosok karena bisa berakibat hilang sendiri secara misterius.

Candi Asu tidak sendirian di tempat ini, ada dua candi lagi di sekitarnya yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati areal pertanian penduduk setempat dan tanah yang basah. Dua candi tersebut adalah candi Pendem dan candi Lumbung. Dinamakan candi Pendem karena candi tersebut dulunya terpendam di dalam tanah, hingga kini pun candi tersebut menjorok ke dalam tanah dengan genangan air yang mengelilinginya.

Candi Pendem
Papan Penunjuk Candi Pendem
Jalan Setapak Menuju Candi Pendem

Untuk mencapai candi Asu dan candi Pendem ini, anda akan disuguhi pemandangan desa yang sangat indah. Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak di antara lahan pertanian. Berikut adalah peta menuju lokasi candi asu  :


1 comment :

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.

    ReplyDelete