BREAKING NEWS

Sunday, February 7, 2016

Bubur Kacang Ijo Madura, Penggugah Selera Dari Seberang Pulau Jawa

Madura merupakan pulau di seberang Jawa, berbatasan dengan Surabaya yang kini dihubungkan oleh jembatan Suramadu. Hampir kebanyakan orang Madura merantau dan menyebar ke pulau jawa. Di setiap kecamatan di pulau Jawa ada orang Madura, para perantau ini sudah membaur dengan masyarakat yang ditempati. Profesi orang Madura perantauan ini selalu sama. Profesi mereka adalah penjual nasi goreng, tukang cukur dan penjual bubur kacang ijo.

Dari berbagai macam profesi orang Madura tersebut, penjual bubur adalah yang paling laris. Bubur kacang ijo Madura terkenal dengan ciri khas yang membedakan dengan bubur lainnya. Jika bubur kacang ijo di jawa selalu dicampur santan, maka bubur Madura dipisahkan kacang ijonya. Komposisinya adalah kacang ijo, ketan hitam, roti tawar, susu, sirup dan santan. Untuk penyajian, bisa disajikan dingin maupun panas.

Harga semangkuk atau sebungkus bubur kacang ijo Madura bervariasi, ada yang 4.000 rupiah, 3.500 rupiah maupun 3.000 rupiah, tergantung lokasi dan tingkat penjualan. Di daerah saya harganya 4ribu karena tingkat penjualan yang tinggi. Bubur ini biasa buka pada siang menjelang sore, antara pukul 3 sampai habis isya.

Bubur kacang ijo Madura ini bisa anda temukan di tiap kecamatan di kota anda. Di daerah saya sendiri ada penjual madura di tiap kecamatan. Anda jangan heran jika kadang mereka menggunakan bahasa Madura untuk bercakap cakap dengan temannya yang sesama Madura, tapi jangan salah, mereka juga mengerti bahasa Jawa.

Post a Comment