BREAKING NEWS

Saturday, February 27, 2016

Soto Kudus Bu Jatmi, Kuliner Khas Kota Kretek Yang Terkenal

Selain wisata alamnya yang indah, Kabupaten Kudus juga memiliki daya tarik berupa kuliner asli dan terkenal, dengan aneka jenis kuliner yang khas yang berkembang sejak jaman dahulu sampai sekarang. Berbagai jenis kuliner banyak ditemukan di sini. Diantaranya adalah lentog tanjung dan soto Kudus. Soto Kudus sudah terkenal tidak hanya di wilayah ini sendiri tetapi dikenal secara nasional serta menjadi milik atau pun kebanggan bagi bangsa Indonesia.


Soto Bu Jatmi

Soto Kudus banyak tersebar di Kudus dengan berbagai nama warung yang sudah terkenal. Salah satunya adalah Soto Kudus bu Jatmi. Lokasi Soto Bu Jatmi ada 2 tempat, yang pertama di jalan Wahid Hasim Kudus (perempatan pekojan/alun-alun simpang 7 ke barat sampai bangjo kemudian ke selatan sekitar 500 meter) dan yang kedua di jalan Kudus - Pati (Desa Tumpang Krasak, timur Pabrik Gula Rendeng Kudus). Setiap hari, warung Soto Bu Jatmi laris manis diburu oleh para penikmat kuliner karena rasanya yang enak dan lezat.

Tersedia dua pilihan soto, yakni soto daging kerbau dan soto ayam. Dalam semangkok soto terdiri dari bahan-bahan antara lain nasi, kecambah, daging ayam atau kerbau, bawang goreng dan bumbu rempah-rempah, biasanya ditambahkan irisan jeruk nipis, kecap dan sambal sesuai selera. Di samping menu utama soto, selalu disajikan pula lauk pelengkapnya antara lain perkedel kentang, sate jeroan, sate telur puyuh dan sate paru. Disediakan juga kerupuk rambak maupun krupuk udang yang ukurannya besar sekali.

Yang membedakan soto Kudus dengan soto lainnya terdapat pada bahan yang digunakan, misalnya jika soto Semarang menggunakan sohun sebagai bahan wajib, berbeda dengan soto Kudus yang tidak menggunakan sohun. Selain itu, kuah soto Kudus terlihat lebih kental dan kekuning kuningan dibandingkan dengan soto di daerah lain. Daging yang digunakan juga berbeda, di Kudus karena tidak boleh menyembelih sapi, maka daging kerbau lah yang digunakan, di daerah lain biasanya menggunakan daging sapi.


Pikulan Soto Bu Jatmi

Keunikan Soto Kudus Bu Jatmi antara lain terletak pada tempat kuah yang ditaruh pada sebuah gentong besar, tidak menggunakan ompreng atau peralatan stainless lainnya. Gentong tersebut diletakkan pada sebuah pikulan kayu besar yang diletakkan di dalam ruangan warung, pikulan tersebut bukan berfungsi berarti soto nya dijual dengan memikul keliling desa atau kota, namun berfungsi sebagai ciri khas dan keunikan tersendiri Soto Kudus. Sedangkan untuk harga semangkuk Soto Kudus Bu Jatmi adalah Rp. 12.000, harga yang relatif murah dengan porsi semangkok soto yang terbilang cukup dengan rasa yang pastinya membuat anda ketagihan. Selamat Mencoba.

Soto Kerbau Bu Jatmi

Soto Ayam Bu Jatmi

Post a Comment