BREAKING NEWS

Sunday, February 21, 2016

Tahu Bulat Dari Tasikmalaya Hingga Indonesia

"Tahuuuuuu bulat, digoreng di mobil, lima ratusan, hangat-hangat".

Siapa yang tidak mengenal kata kata tersebut. Hampir setiap hari suara itu kita dengar. Dari jalan besar, pasar, kampung, desa, hingga gang gang biasa dilewati oleh mobil pick up yang mengeluarkan suara dengan kata kata di atas.

Tahu merupakan makanan khas Indonesia yang hampir tiap hari selalu dikonsumsi. Baik masyarakat biasa maupun kaya pasti mengenal tahu, kebanyakan tahu tersebut dimasak sebagai lauk. Namun tahukah anda? Ada jenis tahu yang dijajakan matang di jalanan? Namanya adalah tahu bulat, jika tahu biasanya berbentuk kotak persegi, berbeda dengan tahu bulat yang bentuknya bulat.

Dari manakah tahu bulat berasal? Tahu bulat sebenarnya mulai dikenalkan di daerah Tasikmalaya, kemudian menyebar hingga Ciamis, Bandung, dan kini sudah mulai tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, terutama pulau Jawa. Harganya yang murah meriah dan cara penjualan yang unik membuat tahu bulat cepat diterima oleh masyarakat. Unik karena tahu bulat dijual di atas mobil pick up dan langsung digoreng di atas mobil. Biasanya 1 mobil terdiri dari 2 orang, 1 sebagai sopir dan 1 sebagai penjual di belakang. Mobil ini dilengkapi juga dengan suara yang terus menerus berulang ulang seperti kata kata yang sudah saya tulis di atas.

Penjualan tahu bulat meningkat drastis di wilayah pedesaan, terutama anak anak yang suka dengan jajanan ini dikarenakan ada berbagai varian rasa yang ditaburkan ke tahu bulat. Ada rasa pedas, balado, barbeque dan lainnya. Ada juga yang tidak memakai bumbu perasa, tergantung permintaan pembeli.

Sekarang tahu bulat banyak dijual mentahan di agen agen penjual sosis, jadi sebenarnya tidak perlu menunggu mobil tahu bulat lewat. Namun tahu bulat yang masih mentah ini jika dihitung hitung harganya tak jauh beda dengan yang dijual matang. Jika membeli mentah, anda masih harus menggorengnya, memberi bumbu sendiri, jadi jika dihitung jatuhnya sama, mending tahu bulat yang tinggal makan saja. Apalagi dari rasa dan ciri khasnya jelas berbeda antara tahu bulat tasikmalaya dengan yang dijual di agen sosis.

Post a Comment