BREAKING NEWS

Tuesday, March 22, 2016

Bentik, Dolanan Tradisional Yang Terlupakan

Bentik merupakan salah satu permainan tradisional nusantara yang sempat berjaya di jamannya. Anak anak generasi 80 an dan 90 an tentunya tidak asing dengan dolanan ini. Sebelum kemajuan teknologi mengambil alih dolanan tradisional, bentik adalah salah satu dolanan favorit yang sering dimainkan. Beda daerah beda namanya, jika di daerah Kudus namanya adalah bentik, berbeda dengan di daerah lain.

Tata cara permainan bentik sangat mudah, bisa dimainkan 2 orang maupun kelompok. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah sebuah tongkat panjang dan sebuah tongkat pendek. Tongkat terbuat dari kayu maupun dari batang pohon ketela. Cara mainnya dimulai dengan menaruh tongkat pendek pada sebuah lubang kecil yang telah dibuat di tanah, kemudian tongkat panjang ditaruh di bawah tongkat pendek, kemudian dilempar ke atas dan ditangkap oleh lawan. Saat tongkat pendek berhasil ditangkap oleh lawan, kemudian di lemparkan lagi ke tongkat panjang. Jika tidak kena maka musuh kalah.

Permainan bentik ini dulu sangat sering dimainkan oleh anak anak, namun kini sudah sangat jarang sekali anak anak yang memainkannya. Sudah saatnya dolanan tradisional dihidupkan kembali meskipun kemajuan teknologi lebih disukai, tak ada salahnya mengembalikan lagi kejayaan permainan tradisional.

Post a Comment