BREAKING NEWS

Thursday, March 3, 2016

Rahasia Luar Biasa Dari Seorang Pemuda Di Kudus, Demi Kemanusiaan Ia Rajin Mendonorkan Darahnya

Apa yang dilakukan oleh pemuda 26 tahun ini sungguh luar biasa dan patut kita contoh, di usianya yang masih muda ternyata ia telah mendonorkan darahnya lebih dari puluhan kali. Adalah Virawan Septya Priyatmono, pemuda asal desa Gondangmanis RT 07/RW 11 kecamatan Bae kabupaten Kudus yang selalu menjadi bahan perbincangan banyak orang belakangan ini. Meski tubuhnya tidak gemuk dan sedikit kurus, namun tak menyurutkan niatnya untuk selalu mendonorkan darahnya.

Berawal dari sebuah kegiatan saat ia duduk di bangku sekolah menengah atas, ada sebuah acara kemanusiaan yang digelar oleh organisasi OSIS di sekolahnya yakni kegiatan donor darah. Tanpa ragu, Virawan pun ikut kegiatan tersebut dengan suka rela. Sejak saat itu, setiap kali ada kegiatan serupa, ia tergugah untuk mengikutinya, bahkan selama ia duduk di bangku kuliah. Saat ditemui adhisyahreza.com ia menjelaskan bahwa motivasinya selalu mendonorkan darahnya adalah demi kemanusiaan, 1 tetes darah adalah sangat berharga dan dapat menyelematkan nyawa manusia yang membutuhkan. Berpegang pada prinsip tersebut, Virawan akan terus donor darah selama ia masih mampu dan sehat.


Virawan Septya Priyatmono usai donor darah

Virawan yang sehari-hari bekerja sebagai guru matematika di SMA PGRI 1 Kudus ini mengaku bahwa setiap 75 hari sekali, ia pergi untuk donor darah ke kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Donor Darah Kota Semarang yang beralamat di jalan Mgr. Sugriyapranata. Meskipun sebenarnya seseorang yang donor darah diperbolehkan setiap 3 bulan sekali. Hal ini dibuktikan dari kartu donor yang ia pegang telah terisi banyak sekali catatan kapan ia telah donor darah. Meskipun ia warga Kudus, namun ia selalu donor darah di kota Semarang karena ia tercatat di PMI Semarang sejak saat kuliah. Untuk ke depan, Virawan berharap akan tetap meneruskan melaksanakan donor darah di kotanya sendiri, Kudus.

PMI Unit Donor Darah Kota Semarang

Beberapa penghargaan dari PMI telah ia raih, setiap 3 kali donor darah ia mendapatkan sebuah kaos. Setiap kali donor darah ia mendapatkan minuman dan snack secara gratis. Namun bukan itu yang Virawan cari, bukan penghargaan materi yang jadi pedomannya, ia melakukan semua itu dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan apa-apa, biar Allah yang membalasnya. Karena semata-mata ia hanya ingin membantu manusia yang membutuhkan.


Kartu Donor Virawan

Dalam kesehariannya, Virawan memang tergolong pemuda yang soleh dan baik hati. Hal ini dibenarkan oleh adhisyahreza.com yang sering melihat Virawan rajin sholat, baik sunnah maupun wajib. Ia juga sering puasa senin kamis. Setiap ada pengajian, ia pun tak pernah ketinggalan mengikutinya. Kepribadiannya yang bersahaja dan unik, menjadikan dirinya kerap kali menjadi bahan perbincangan banyak orang. Bukan perbincangan yang negatif melainkan yang positif. Tak perlu diragukan lagi jika ia sering mendonorkan darahnya, mengingat kepribadiannya yang baik dan suka membantu orang lain. Sebuah hal yang patut kita jadikan teladan hidup.

Sudahkah anda donor darah? jika anda bingung bagaimana cara untuk donor darah, maka berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Melakukan registrasi di PMI Unit Donor Darah di kota anda
2. Pemeriksaan hemoglobin (Hb)
3. Pemeriksaan golongan darah
4. Penimbangan berat badan
5. Pengisian informasi oleh petugas
6. Pemeriksaan tekanan darah
7. Cuci lengan
8. Pengambilan darah
9. Setelah selesai maka anda mendapatkan menu donor.
(Sumber : PMI Kota Semarang)
Mudah bukan melakukan donor darah? Prosesnya cepat dan tidak membutuhkan waktu lama, anda bisa memulainya dari sekarang. 1 tetes darah anda sangat berarti bagi orang lain. :)

Post a Comment