BREAKING NEWS

Wednesday, March 23, 2016

Musholla Unik Di Sebuah SPBU Demak Dengan Berbagai Fasilitas

Musholla atau yang biasa disebut langgar dalam bahasa jawa adalah tempat beribadah umat muslim selain masjid. Perbedaan masjid dan musholla terletak pada luas bangunan, disebut masjid jika luas bangunannya besar dan disebut musholla jika luas bangunannya kecil. Musholla biasa berdiri di tiap RT di Indonesia karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Tak terkecuali, musholla selalu ada di tiap SPBU maupun tempat umum lainnya.

Arsitektur musholla dan masjid kini semakin beragam, banyak berdiri musholla yang megah, mewah dan unik. Mirisnya, meskipun musholla ada di mana mana dan bangunannya megah sekalipun, namun orang yang mau masuk dan beribadah semakin sedikit, banyak masyarakat yang lebih memilih sholat sendiri atau munfarid di rumah. Tidak seperti jaman dulu, masjid dan musholla selain sebagai tempat ibadah juga berfungsi sebagai tempat menuntut ilmu, tempat bermusyawarah, tempat istimewa.

Berdasarkan alasan tersebut, salah satu musholla di sebuah SPBU di tengah kota Demak, Jawa Tengah berupaya meningkatkan pengunjung dengan membangun sebuah musholla unik yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Disebut unik karena musholla ini kiblatnya miring 45 derajat. Jika di musholla lain kiblatnya lurus, maka di musholla ini kiblatnya miring dikarenakan bentuk bangunannya yang menghadap barat daya. Ketika saya beribadah di musholla ini, kesan pertama yang saya tangkap adalah nyaman. Ya, musholla ini sangat nyaman dan sejuk. Selain bersih, musholla ini dilengkapi juga dengan fasilitas AC yang menjadikan ruangannya terasa sejuk. Karpet, sajadah, dan mukena yang disediakan di musholla ini semuanya bersih.

Tak heran jika musholla ini setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan SPBU, baik yang beribadah maupun beristirahat. Upaya untuk memakmurkan musholla maupun masjid sangat diperlukan, mengingat kiamat sudah dekat. Salah satu upaya yang mungkin bisa dicontoh adalah musholla di SPBU Demak ini, dengan membangun fasilitas dan membuat arsitektur bangunan semenarik mungkin.




Post a Comment