BREAKING NEWS

Thursday, February 18, 2016

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tentang Cagar Budaya 2016 Berhadiah Total Rp. 19.500.000

PENDAHULUAN

Cagar budaya suatu bangsa adalah hasil ciptaan bangsa itu pada masa lalu yang memiliki arti penting bagi sejarah ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan melalui proses penetapan yang mempunyai arti penting bagi kebudayaan bangsa, khususnya untuk memupuk rasa kebanggaan nasional serta memperkokoh jati diri suatu bangsa.

Berbagai cagar budaya dari masa prasejarah sampai dengan masa kolonial di Jawa Tengah banyak tersebar di wilayah kabupaten/kota, baik yang masih berada di tempat (in situ) maupun yang sudah dimanfaatkan sebagai koleksi museum. Kekayaan dan keanekragaman cagar budaya dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan wisata. Juga untuk menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap hasil budaya sendiri sebagai identitas jati diri bangsa yang adi luhung.

Oleh sebab itu, dalam rangka mengungkap potensi warisan budaya yang dimiliki, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tentang Cagar Budaya.


Juara I LKTI BCB Tahun 2014

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan kegiatan lomba penulisan karya ilmiah dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya dan nilai luhur bangsa, serta sebagai wahana untuk menampung apresiasi generasi muda tentang cagar budaya yang dimiliki Provinsi Jawa Tengah melalui media tulis.


SASARAN, PELAKSANAAN DAN PERSYARATAN


Sasaran
Sasaran Lomba Karya Tulis Ilmiah tentang cagar budaya adalah siswa SLTA baik negeri maupun swasta yang berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan
Pelaksanaan Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah dijadwalkan sebagai berikut :

a. Penyebarluasan informasi mulai minggu pertama bulan Februari 2016.
b. Setiap kabupaten/kota diharapkan untuk mengirimkan 5 karya tulis peserta terbaik hasil seleksi tingkat kab/kota untuk diseleksi tingkat provinsi.
c. Dari hasil seleksi tingkat provinsi akan diambil 50 peserta terbaik akan diundang untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya.
d. Naskah dikirim kepada Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan alamat Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Jalan Pemuda 136 Semarang. Paling lambat 1 April 2016 (cap pos).
e. Penilaian tahap I (seleksi naskah) sebagai nominator tanggal 1 s.d 11 April 2015; Final/penilaian tahap II bagi peserta yang terpilih sebagai nominator untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan dewan juri pada tanggal 26 s.d 28 April 2016 di Kabupaten Demak melalui undangan yang akan dikirim ke alamat sekolah peserta.
f. Akomodasi bagi peserta yang diundang ditanggung panitia.
g. Transportasi ketempat penyelenggaraan ditanggung masing-masing peserta.

Persyaratan

a. Karya tulis hasil karya sendiri dan belum pernah diikutkan lomba sebelumnya.
b. Karya tulis diketik pada kertas ukuran A-4 (kwarto) dengan 2 spasi, sebanyak 10 - 20 halaman.
c. Menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d. Karya tulis diutamakan untuk menampilkan potensi cagar budaya yang ada di Jawa Tengah/ potensi cagar budaya di daerah masing-masing.
e. Karya tulis yang dikirim ke panitia harus diketahui/ditandatangani Kepala Sekolah dan cap stempel sekolah pengirim, dibuat rangkap 2.
f. Tema karya tulis diharapkan mengangkat issu tentang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam pelestarian cagar budaya.

PENILAIAN

Penilaian tahap I meliputi :
a. Tata tulis yang meliputi sistematika dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b. Metodologi meliputi :
- Kualitas / Validitas warisan budaya yang menjadi obyek penulisan
- Kerangka berfikir
- Daftar Pustaka
c. Substansi Naskah harus memiliki kriteria Ilmiah dan Menarik

Penilaian Tahap II (Presentasi) untuk menentukan juara I, II, III dan juara harapan I, II, III. Adapun unsur penilaian meliputi :
a. Penyajian Materi
b. Penguasaan Materi
c. Penggunaan Media

PEMENANG

Setiap pemenang berhak mendapatkan piagam, tropi dan hadiah uang pembinaan sebesar :

Juara I  Rp 5,000,000
Juara II  Rp 4,000,000
Juara III  Rp 3,000,000


Juara Harapan I  Rp 2,000,000
Juara Harapan II  Rp 1,500,000
Juara Harapan III  Rp 1,000,000
Juara Atribut 4 orang  Rp    750,000

Contact Person : Siti Asamara, SE
HP. 081575368111


Demikian panduan ini dibuat sebagai acuan untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Provinsi tentang Cagar Budaya Tahun 2016.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah,
Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala

Drs. Djoko Nugroho Witjaksono, MA.



Catatan : untuk kabupaten Kudus silahkan berkoordinasi dengan Kepala Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kudus, Drs. Sutiyono, M.Pd. 
HP : 085799371222

Post a Comment