BREAKING NEWS

Tuesday, February 2, 2016

Tips Dan Kiat Sukses Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru

Tahun pelajaran baru masih sekitar 4 bulan lagi, namun sekolah-sekolah baik SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK sudah mulai berlomba-lomba mempromosikan sekolahnya. Berbagai cara dilakukan agar sekolah mereka mendapatkan peserta didik yang banyak. Mulai dari memasang baliho, banner, poster dan brosur. Ada juga yang melalui media seperti koran, radio maupun televisi. Pendaftaran pun sudah mulai dibuka, mencuri start yang ditentukan oleh dinas pendidikan.

Ilustrasi PPDB

Terkadang biaya tak menjadi masalah guna mempromosikan sekolah. Tentunya dengan harapan biaya yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang akan didapatkan. Namun jika hasilnya tidak sesuai yang diharapkan maka anda bisa mencoba tips yang saya berikan berikut ini :

1. Jemput Bola
Cara yang satu ini mungkin sudah biasa dilakukan dengan mendatangi ke rumah calon peserta didik, namun cara menjemput bola harus disertai dengan iming-iming yang membuat mereka tertarik. Misalnya dengan memberikan seragam baru, tas baru, sepatu baru atau buku tulis baru yang bermanfaat.

2. Mengadakan Lomba-Lomba
Jauh sebelum pendaftaran dimulai, ada baiknya sekolah mengadakan lomba untuk tingkat di bawahnya, misalkan sekolah SMA maka lomba yang diadakan untuk peserta didik kelas IX tingkat SMP dengan hadiah yang menarik tentunya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan sekolah kepada calon peserta didik. Lomba yang diadakan bisa berupa akademik maupun non akademik.

3. Berikan Kompensasi
Kompensasi selalu menjadi senjata utama sekolah untuk menggaet calon peserta didik. Kompensasi yang diberikan bisa bermacam-macam, antara lain gratis SPP selama 3 tahun untuk calon peserta didik yang hafal Al Qur'an, gratis SPP untuk yang berprestasi, gratis laptop untuk 10 pendaftar pertama, keringanan biaya pendidikan, dan masih banyak yang lainnya.

4. Sosialisasi ke sekolah-sekolah
Dalam mengenalkan sekolah, sosialisasi diperlukan sebelum masa pendaftaran. Ajukan surat ke sekolah tingkat di bawahnya, siapkan brosur dan juga doorprise menarik. Dalam pembuatan brosur, sebaiknya tidak mengandung banyak kata-kata yang membuat pembaca bosan, berilah gambar yang unik dan berbeda dari yang lain, Sehingga ketika sosialisasi peserta didik akan bertanya dan penasaran dengan brosur tersebut.

5. Jalin Kerjasama dengan Sekolah
Cara ini mungkin sering dilakukan oleh universitas atau sekolah tinggi untuk promosi di tingkat SMA sederajat. Namun ada baiknya juga sekolah mencontoh cara ini. Misalnya saja SMA yang ingin mendapatkan peserta didik banyak maka harus menjalin kerjasama dengan sekolah tingkat SMP atau MTs, bentuk kerjasama bisa bermacam-macam, antara lain menjadikan SMP tersebut sebagai tempat pendaftaran. Berikan kompensasi kepada SMP tersebut jika berhasil mendapatkan siswa.

6. Permudah Cara Pendaftaran
Saat ini, pendaftaran tak lagi hanya sebatas datang ke sekolah tujuan dan mengisi formulir. Gunakan media sosial maupun internet untuk pendaftaran, jika perlu gunakan web sebagai tempat pendaftaran sehingga calon peserta didik tidak perlu datang ke sekolah tujuan. Selain web, banyak sekali media yang bisa digunakan, melalui media sosial seperti facebook, twitter, bbm, line, dan bisa juga melalui sms atau telepon. Perluaslah cara pendaftaran sehingga memudahkan calon peserta didik untuk mendaftar.

Demikian berbagai tips dan kiat sukses promosi PPDB yang bisa saya berikan. Promosi memang membutuhkan biaya yang besar, namun semua harus dilakukan demi keberlangsungan sebuah sekolah dimana sekarang ini persaingan antar sekolah semakin ketat. Semoga suksessss...

3 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Anda juga dapat mendaftarkan sekolah anda di sistem pencarian dan review sekolah www.edumor.com
    Kami juga menyediakan sistem pendaftaran online sekolah untuk mempermudah pendaftaran

    ReplyDelete