BREAKING NEWS

Monday, February 22, 2016

Mengenal Madrasah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Madrasah Miftahul Falah terletak di jalur yang strategis, tepatnya di Jalan Raya Kudus - Colo Km. 7. Berada di desa Cendono RT 5 RW 5 kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Madrasah ini termasuk salah satu madrasah terbesar di wilayah kecamatan Dawe. Menjadi sekolah terbesar karena di wilayah Dawe belum ada sekolah Negeri yang berdiri. Jika di kecamatan lain banyak berdiri SMA dan SMK Negeri maupun swasta, berbeda dengan di kecamatan Dawe yang hanya ada beberapa sekolah umum, lainnya kebanyakan adalah madrasah.


Pintu Gerbang Madrasah Miftahul Falah

Miftahul Falah berdiri pertama kali pada tahun 1968 yang diprakarsai oleh Kepala Desa Cendono kala itu, Bapak Kasmuin dengan dibantu oleh masyarakat setempat. Awalnya, tempat tersebut adalah lahan sebuah pasar yang bernama Pahing. Namun setelah tanahnya dibebaskan dibangunlah sebuah madrasah bernama Miftahul Falah. Sampai saat ini wilayah berdirinya madrasah masih disebut daerah Pahing, mengingat dulunya adalah bekas pasar bernama Pahing. Miftahul Falah berasal dari 2 kata dari bahasa Arab yakni Miftahul yang berarti kunci dan Falah yang berarti kebahagiaan. Jika digabungkan berarti kunci kebahagiaan.

Pada awalnya madrasah ini hanyalah sebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI), kemudian pada tahun 1968 berdirilah Madrasah Tsanawiyah (MTs) namun belum memiliki gedung sendiri sehingga menggunakan gedung Madrasah Ibtidaiyah. Lambat laun madrasah Miftahul Falah semakin berkembang pesat. Pada tahun 1987 didirikanlah Madrasah Aliyah (MA). Tak berhenti sampai di situ, guna memenuhi tuntutan jaman dan keahlian, maka pada tahun 2004 didirikanlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Falah, dengan program keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta program keahlian Tata Busana.

Madrasah Miftahul Falah terus berkembang pesat hingga menjadi sebuah madrasah terbesar yang memiliki jumlah peserta didik yang sangat banyak. Kesadaran warga akan pentingnya pendidikan yang menguasai Iptek yang berlandaskan iman dan taqwa menjadi salah satu faktor ekstern yang mampu membuat madrasah Miftahul Falah semakin maju. Apalagi dengan adanya semua jenjang di madrasah ini sehingga membuat orang tua tidak perlu repot-repot menyekolahkan anaknya jauh jauh. Mulai dari Radlatul Atfal (RA) sampai MA atau SMK semuanya ada di sini.

Dengan visi "Mantab dalam Imtaq dan Iptek, Terampil serta Berakhlakuk Karimah ala Ahlussunnah waljamaah", Madrasah Miftahul Falah terus berbenah dan menuangkan visi madrasah tersebut dalam penjabaran misi yang terstruktur dan jelas dalam upaya menciptakan generasi yang tak hanya berilmu dan terampil, namun juga berakhlakuk karimah.




Post a Comment