BREAKING NEWS

Tuesday, January 26, 2016

Menumbuhkan Minat Membaca Lewat Pohon Mading

Minat membaca di kalangan remaja saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Mulai dari anak-anak sudah terbiasa dengan membaca status media sosial daripada membaca buku pelajaran maupun buku pengetahuan. Bagi mereka, status media sosial lebih penting dari segalanya.

Perpustakaan menjadi sepi, toko buku banyak yang gulung tikar dan buku hanya menjadi tumpukan tumpukan kertas yang tak berarti. Adanya majalah dinding atau biasa disebut mading yang ada di sekolah maupun universitas seolah hanya menjadi pajangan saja. Tak ada sisi menariknya sama sekali bagi siswa atau mahasiswa. Ini menjadi sebuah keprihatinan semua pihak, perkembangan teknologi membawa dampak buruk bagi kelangsungan minat membaca.

Pohon Mading By Adhi

Agar minat membaca kalangan remaja meningkat, diperlukan upaya-upaya yang kreatif dan inovatif. Salah satu upaya tersebut melalui pohon majalah dinding. Jika selama ini majalah dinding hanya kotak kaca biasa akan menjadi menarik jika disajikan dalam bentuk pohon, di mana setiap rantingnya berisikan tulisan unik. Langkah pertama adalah mencari dahan pohon yang memiliki banyak ranting, kemudian dihias sedemikian rupa sehingga berwarna warni, bisa juga ditambah dengan berbagai aksesoris. Langkah terakhir adalah menempelkan kertas kertas berisi tulisan. Tulisannya bisa apa saja, sepanjang menambah pengetahuan pembaca.


Cobalah terapkan ide unik pohon mading ini di sekolah, universitas, bahkan bisa juga anda terapkan di rumah sehingga anak anda akan menjadi tertarik dan membiasakan diri untuk selalu membaca. Jangan lupa selalu update tulisan dalam pohon mading tersebut agar tidak membosankan.

Post a Comment