BREAKING NEWS

Sunday, January 24, 2016

Percobaan Sederhana : Bagaimana Cara Mengambil Koin Dalam Piring Yang Terisi Air Tanpa Menyentuh Airnya?

Pagi sobat adhi, kali ini saya akan berbagi percobaan sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Bukan sulap bukan sihir, koin yang kita taruh dalam piring berisi air dapat kita ambil tanpa menyentuh airnya, bagaimana caranya? Sebelumnya kita harus mempersiapkan peralatan yang akan kita gunakan untuk percobaan ini, apa saja peralatannya?

Peralatan Percobaan
Peralatan yang dibutuhkan adalah :
1. Sebuah piring berisi air secukupnya
2. Gelas bening panjang
3. Korek api
4. Koin 500 rupiah
5. Kertas secukupnya

Langkah percobaan :
1. Masukkan koin 500 rupiah ke dalam piring yang telah terisi air.

Masukkan koin ke dalam piring

2. Bakarlah sepotong kertas putih menggunakan korek api, masukkan bakaran kertas ke dalam gelas.

Masukkan kertas yang dibakar dalam gelas

3. Taruhlah gelas yang masih ada pembakaran kertas tersebut ke dalam piring berisi air dan koin dengan cara menelungkupkan seperti pada gambar berikut.


4. Dannn.... air dalam piring pun semuanya tersedot masuk ke dalam gelas.


5. Ambillah koin 500 rupiah yang sudah tidak terendam di air.


Penjelasan :
Saat gelas berisi pembakaran kertas dimasukkan ke dalam piring berisi air, maka tekanan udara di dalam gelas jauh lebih tinggi daripada tekanan udara di luar gelas, sehingga menyebabkan air tersedot dan terangkat ke dalam gelas, dengan catatan saat memasukkan gelas ke dalam piring, api di dalam gelas harus tetap menyala, jika padam maka air tidak akan tersedot. Karena api inilah yang menyebabkan tekanan udara dalam gelas menjadi tinggi saat dibalik.

Nah, bagaimana sobat adhi? sudah jelas kan dengan penjelasan saya? silahkan praktekkan sendiri di rumah, peralatan yang digunakan mudah didapatkan dan tidak membutuhkan biaya. Ajarkan kepada anak-anak anda percobaan sederhana, ajaklah mereka menyukai ilmu pengetahuan. :)

Post a Comment