BREAKING NEWS

Saturday, January 23, 2016

Dolanan Setinan (Kelereng)

Dolanan Setinan
Salah satu mainan tradisional anak-anak yang sudah jarang kita jumpai adalah setinan. Setinan adalah permainan jawa dari kata dasar setin yang dalam bahasa Indonesia berarti kelereng. Setin merupakan sebuah bola sangat kecil sekali yang berwarna bening dan di tengahnya ada warna warninya.

Setinan biasa dimainkan oleh beberapa orang, setiap orang wajib memiliki kelereng minimal 5 atau lebih. Cara bermainnya sangat sederhana, setiap orang harus memasukkan kelereng ke dalam sebuah lubang kecil di tanah yang biasa disebut wok. Bagi yang berhasil memasukkan maka ia berhak menyentil kelereng lawan yang tidak bisa masuk lubang, bila kelereng lawan terkena sentilan, maka kelereng tersebut menjadi milik yang menyentil. Ada pula yang dimainkan dengan cara berbeda, yakni dengan cara membuat segitiga ataupun kotak, dan setiap orang wajib memasukkan minimal tiga kelerengnya ke dalam segitiga atau kotak tersebut, kemudian satu persatu bergantian menyentil kelerengnya sampai keluar dari segitiga.

Di tengah modernisasi jaman, setinan tak lekang dimakan jaman, saya masih menjumpai beberapa anak di desa saya bermain setinan. Kelerengnya pun masih bisa kita dapatkan dan beli di toko jajan anak-anak dengan harga yang murah tentunya. Modernisasi memang perlu, tapi permainan tradisional harus tetap dilestarikan. :D

Post a Comment