BREAKING NEWS

Tuesday, January 19, 2016

Tonto, Makanan Desa Yang Terlupakan

Penyajian Tonto
Tonto adalah salah satu makanan khas Jawa yang terbuat dari jagung dan menjadi makanan favorit jaman kakek nenek kita. Di jaman sekarang, anak anak maupun remaja jarang yang memakan tonto atau bahkan malah tidak mengetahui makanan ini. Mereka lebih suka dengan makanan instans, terlebih produsen lebih memilih memproduksi makanan yang siap saji. Keberadaan tonto sekarang sukar dijumpai, misalpun ada biasanya di pasar pasar pedesaan.

Cara membuat tonto sangat mudah, dengan bahan dasar tepung jagung yang bisa kita beli di pasar, ditambah dengan bahan sejenis njet (yang dibuat campuran sirih:red) dan sedikit gula, kemudian dibungkus dengan daun pisang dua lapis dan bagian tepinya ditusuk dengan potongan lidi atau biasa disebut biting agar tuntumannya kuat. Setelah itu dikukus minimal empat jam supaya tonto benar benar masak.

Foto Tonto
Untuk penyajian, tonto biasa disajikan dengan gula pasir. Tanpa gula pun sebenarnya tonto sudah manis, namun akan lebih nikmat jika ditutulke gula. Bagaimana agar tonto bisa bertahan lama tanpa pengawet? Caranya cukup mudah, tinggal dipanaskan saja di atas bara arang sampai daun pisang pembungkusnya berubah warna menjadi kecoklatan. Jika dipanaskan, tonto bisa bertahan hingga dua hari.

Sebagai warisan kuliner, sudah sepatutnya kita turut menjaga keberadaan tonto agar anak cucu kita masih bisa menikmatinya. Jangan sampai tonto hanya tinggal nama saja dan musnah di telan jaman.

Post a Comment