BREAKING NEWS

Monday, January 11, 2016

Sudah Manda

Permainan anak jaman dahulu yang sudah jarang dimainkan sekarang ini bernama sudah manda. Tidak ada yang tahu bagaimana asal usul nama sudah manda. Di tiap daerah berbeda beda namanya. Di Kudis, permainan ini disebut sudah manda.

Ada beberapa jenis mainan sudah manda ini. Biasa digambar di atas tanah atau bisa juga di lantai keramik yang kotak. Ada yang berupa 6 kotak dan ada juga yang berbentuk 8 kotak dengan gambar setengah lingkaran di paling atas, biasanya disebut sudah manda gunung.

Aturan mainnya sederhana saja, dimainkan oleh individu dan bukan berkelompok. Setiap anak harus mempunyai sebuah kreweng (pecahan genteng yang berbentuk potongan kecil). Kreweng ini harus dilempar mulai dari kotak pertama. Kotaknya berbentuk palang seperti salip, terdiri dari 6 kotak. Setelah kreweng dilempar, maka anak tersebut harus melompati krewengnya dan berjalan dengan satu kaki menuju kotak kotak yang tidak ada krewengnya. Setelah berbalik maka anak tersebut harus mengambil kreweng yang dilempar tadi, begitu seterusnya sampai kotak terakhir dan tidak boleh jatuh ataupun terkena garis.

Mungkin sekarang sudah jarang kita temui anak anak yang bermain sudah manda atau permainan tradisional lainnya. Sekarang anak anak lebih suka bermain hp dan gadget. Semoga permainan ini tetap langgeng dan bisa dimainkan anak cucu kita nanti.
Ilustrasi

Post a Comment