BREAKING NEWS

Friday, January 15, 2016

Karya Tulis Ilmiah : Menara Kudus, Bukan Menara Biasa (10 Besar Nominasi LKTI BCB Tingkat Nasional Tahun 2014)

Menara Kudus tahun 1913

Awal Tahun 2014 di bulan Februari, sekolah saya mendapat surat dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah yang isinya lomba karya tulis ilmiah tentang cagar budaya tingkat nasional. Saya pun iseng-iseng menyuruh anak didik saya untuk mengirimkan karya tulis, dan saya sendiri sebagai guru pendampingnya. Saya mengirimkan 4 karya tulis sekaligus, namun yang lolos ke babak presentasi hanya 2. Alhamdulillah dari kabupaten Kudus yang lolos hanya 2 saja dan itu dari sekolah saya semua. Banyak juga sekolah negeri di Kudus yang mengirimkan karya tulis namun tidak lolos.

Dari sekitar 500an karya tulis yang masuk, hanya diambil 25 saja yang lolos ke babak grandfinal, dan dari 25 besar tersebut, 2 di antaranya berasal dari sekolah saya SMA PGRI 1 Kudus. Inilah 5 besar grandfinalis yang saya dapat dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah :

Nominasi LKTI

Peserta yang lolos ke babak grandfinal berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ada yang dari SMA Harapan Mandiri Medan, ada yang dari Batam, dari Bali sampai Kediri juga ada. Akhirnya yang menjadi juara 1 berasal dari SMA 1 Pati dengan perolehan skor tertinggi. Meskipun sekolah saya tidak menjadi pemenang, namun kami bangga bisa membawa nama SMA PGRI 1 Kudus ke kancah nasional.

Berikut adalah abstrak dari karya tulis dengan judul "Menara Kudus, Bukan Menara Biasa".

ABSTRAK

MUHAMMAD ANIS AUFA. NISN. 9963823159. Menara Kudus, Bukan Menara Biasa.

Karya Tulis Ilmiah, SMA PGRI 1 Kudus, 2014. 33 halaman.

Kabupaten memiliki peninggalan budaya Islam berupa Menara Kudus yang ditetapkan sebagai benda cagar budaya pada tanggal 25 Maret 1999 dengan nomor penetapan 049/M/1999. Terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus yang sudah terkenal tidak hanya di wilayah ini sendiri tetapi dikenal secara nasional serta menjadi milik atau pun kebanggan bagi bangsa Indonesia. Menara Kudus yang dimiliki oleh Kabupaten Kudus ini, adalah merupakan aset yang berharga bagi pemerintah Daerah bahkan bagi kepentingan Nasional. Potensi Menara Kudus, dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata, ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui deskripsi dan gambaran umum dari obyek wisata Menara Kudus, mengetahui apa saja sektor penunjang pariwisata Menara Kudus agar dapat dijadikan daya tarik wisata dan berdaya guna bagi pemerintah dan masyarakat. dan untuk mengetahui penataan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar Menara Kudus tersebut agar potensi wisata dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga berguna bagi bidang pariwisata, untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keadaan sektor pendukung pariwisata Menara Kudus dapat diandalkan dan cukup memadai.  Pengembangan kawasan Menara Kudus dilakukan dengan revitalisasi dan penataan kawasan, dengan cara pelestarian lingkungan maupun penataan kembali. Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya mutlak yang perlu dilakukan dalam upaya pengelolaan Menara Kudus.

Saran berdasarkan hasil penelitian yaitu perlu adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah untuk revitalisasi dan penataan lingkungan sebagai upaya untuk menarik jumlah wisatawan agar lebih banyak dan menambah ekonomi warga sekitar Menara Kudus. Melakukan pendampingan atau pendukungan terhadap usaha-usaha rakyat yaitu menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat dapat berkembang.

Menara Kudus bukan menara biasa karena tidak hanya keindahan arsitekturnya yang bercorak Hindu tetapi juga karena dari Menara Kudus inilah banyak sekali sendi perekonomian masyarakat sekitar yang bergantung pada kawasan ini. Mulai dari pedagang kaki lima, pedagang toko, tukang ojeg, tukang becak, angkutan umum, hingga layanan jasa fotografi dan lainnya. Itulah mengapa Menara Kudus layak disebut bukan menara biasa.

Anda juga bisa mengunduh isi dari karya tulis tersebut dengan klik link yang saya sediakan di bawah abstrak, mohon digunakan dengan bijak dan tetap mencantumkan sumber penulisnya. Say No To Plagiat!!! :D

Untuk isi karya tulis selengkapnya bisa anda unduh di sini :
Bab 1 s.d 4 Menara Kudus Bukan Menara Biasa

Post a Comment