BREAKING NEWS

Tuesday, January 26, 2016

Telur Mengapung, Amankah?

Percobaan sederhana ini terinspirasi dari pengalaman saya saat membeli telur di warung tetangga. Saya menemukan adanya telur yang busuk dan saya campurkan dengan telur yang bagus karena ketidaktahuan saya, akhirnya telur pun saya buang dan tidak jadi saya masak. Setelah kejadian tersebut, setiap membeli telur, saya pastikan dulu telur tersebut dalam kondisi bagus dan baik untuk dikonsumsi.

Bagaimana caranya membedakan telur yang bagus dan telur yang busuk? bagi ibu-ibu rumah tangga pastinya sudah tau caranya, yakni dengan mengocak ngocak telur di telinga, jika tidak ada suaranya berarti telur masih dalam kondisi bagus. Tapi cara tersebut kurang efektif karena tidak bisa mengetahui secara pasti baik busuknya telur. Sebenarnya hanya dengan menaruh telur dalam gelas yang berisi air sudah cukup membuktikan. Jika telur tenggelam di dalam air tandanya telur dalam kondisi bagus, dan jika telur mengapung di dalam air tandanya telur sudah busuk.

Namun bagaimana jika kebalikannya? bagaimana caranya agar telur yang masih bagus tidak tenggelam dalam air? bagaimana telur tersebut dapat mengapung dalam air? Cara yang akan saya bagikan ini sangat sederhana sekali, dan sudah saya praktekkan bersama anak didik saya. Peralatan yang digunakan juga sederhana, cukup siapkan gelas bening saja. Sedangkan bahan yang digunakan adalah air dan garam. Bagaimana cara kerjanya? simak simulasi gambar berikut ini :

Dari kiri ke kanan : tenggelam, sedikit tenggelam, melayang, mengapung

Gelas pertama saya isi dengan 1 sendok teh garam, gelas kedua saya isi 2 sendok teh garam, gelas ketiga saya isi 3 sendok teh garam, dan gelas terakhir saya isi 4 sendok teh garam.

Hasilnya sungguh menakjubkan, gelas pertama telur tenggelam, gelas kedua telur setengah tenggelam, gelas ketiga telur melayang dan gelas keempat telur mengapung.

Bagaimana penjelasannya? berdasarkam hukum Archimedes, massa jenis garam sangat tinggi sehingga menyebabkan benda yang di dalamnya menjadi terapung. Hal ini berlaku juga pada laut Mati di timur tengah, dimana laut tersebut memiliki kadar garam yang sangat tinggi sehingga orang yang berenang di atasnya mengapung.

Setelah selesai praktek dengan telur, anak didik saya pun melanjutkan dengan masak bersama. Setelah mereka mengetahui bahwa telur yang dibawa semuanya dalam kondisi bagus, mereka pun memasak telur tersebut dengan mie goreng yang sudah mereka bawa dari rumah. Lumayan buat mengisi perut kosong :D

Kesimpulannya adalah jangan pernah mengonsumsi telur yang jika dimasukkan ke dalam air tawar mengapung karena telur tersebut sudah busuk. Jika anda ingin bereksperimen membuat telur bagus menjadi terapung, anda bisa menambahkan garam ke dalam air tawar tersebut, yang pasti telur yang terapung di air garam tersebut boleh dikonsumsi :)

Foto Praktek
Foto Masak Pake Telur :D

1 comment :