BREAKING NEWS

Friday, January 29, 2016

Mengintip Gereja Blenduk Di Tanah Little Netherland

Semarang menyimpan begitu banyak peninggalan sejarah dan telah ditetapkan menjadi cagar budaya. Salah satunya adalah peninggalan sebuah bangunan tua yang terletak di kota lama. Bangunan tersebut menjadi landmark kota semarang yang terkenal dengan sebutan Gereja Blenduk. Nama sebenarnya adalah gereja GPIB Immanuel, namun masyarakat lebih mengenal bangunan tersebut dengan nama gereja blenduk karena bentuk kubahnya yang mblenduk. Jika dilihat sekilas, gereja tersebut mirip dengan bangunan masjid karena adanya kubah di bagian atas.

Gereja Blenduk Semarang

Gereja blenduk merupakan gereja tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1753 oleh masyarakat Belanda. Tak hanya membangun gereja, mereka juga membangun pemukiman dan pusat pemerintahan di wilayah yang kini dikenal dengan sebutan kota lama. Oleh karena itu, kota lama sering disebut dengan little netherland atau belanda kecil karena hampir semua bangunan di wilayah kota lama yang berarsitektur belanda. Kini masih dapat kita saksikan bangunan bangunan di kota lama yang masih berdiri kokoh.

Gereja yang beralamat di jalan Letjend Suprapto No.32 Tanjungmas, Semarang Utara ini memiliki bentuk bangunan segi delapan yang beraturan atau Oktagonal, jika dilihat dari udara, bentuk bangunan gereja ini membentuk salip, simbol umat kristiani. Di samping gereja, terdapat sebuah taman hijau yang biasa ditongkrongin anak-anak muda untuk berfoto maupun bersantai. Meskipun saya sering melewati gereja blenduk, tapi saya tak dapat melihat langsung bangunan tersebut dari dalam karena ada aturan dan ijin yang harus dipenuhi sehingga saya hanya bisa mengintip dari depan. Jika anda ingin berwisata ke gereja blenduk, anda bisa melihat peta di bawah ini :


Post a Comment