BREAKING NEWS

Friday, January 15, 2016

Tutorial Membuat Desain Banner (Spanduk Digital) Melalui Program Corel Draw

Contoh Desain
Apakah anda pernah membuat banner seperti di atas? apakah anda membuatnya sendiri? atau pesan di tempat digital printing? Berapa harganya jika anda membuatnya di tempat digital printing?

Pertanyaan di atas tentunya bisa anda jawab sendiri tanpa harus pergi ke dukun kan? apalagi ke dukun bayi, eh apa hubungannya? hehe. Sebelum menjawab pertanyaan di atas, baiknya anda membaca dulu tutorial yang saya bagikan di bawah ini, simak baik baik ya...

Banner atau biasa disebut MMT saat ini sudah menjamur di mana-mana. Di kota besar hingga ke desa sudah tak asing lagi dengan yang namanya banner, mulai dari warung makan, toko, fotocopy, hingga pemilihan kepala daerah menggunakan media banner ini. Banner merupakan media penyampaian iklan yang sangat efektif dibandingkan dengan spanduk dan lainnya. Hal ini disebabkan karena harganya yang relatif murah, gambar yang tajam dan hasilnya cepat jadi.

Harga banner dipatok mulai dari 16 ribu rupiah per meter hingga 65 ribu rupiah untuk yang paling mahal. Harga tersebut belum termasuk desain dan setting gambar yang biasanya dipatok mulai dari 10 ribu hingga ratusan ribu, tergantung kerumitan dan lamanya waktu pembuatan. Namun tahukah anda? sebenarnya anda bisa membuat sendiri desain banner tersebut di rumah, sehingga anda bisa menghemat biaya dan tinggal mencetaknya di tempat digital printing. Dengan mendesain sendiri tentunya akan membuat kita puas karena gambar banner tersebut akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Anda tidak perlu mempelajari programnya, anda hanya perlu tahu langkah-langkahnya saja.

Kali ini saya akan berbagi dengan anda bagaimana cara membuat desain banner tersebut?
yang pertama siapkan kopi, rokok, kacang, cemilan untuk menemani anda mendesainnya. Asal jangan ditemani istri tetangga lho.. hehe.

1. Bukalah program Corel Draw, yang terbaru adalah Corel versi X7, namun di sini yang saya pakai adalah Corel Draw versi X5, jika belum punya, anda bisa mendownloadnya di internet, atau pinjam ke rentalan CD program di kota anda, atau bisa pinjam teman, pinjam saudara, asal jangan pinjam CD yang dijemur tetangga ya.. hehe

Berikut adalah tampilan dari program Corel Draw X5 :

Tampilan Corel
2. Klik tulisan 'New Blank Document' untuk membuat halaman baru yang kosong.

3. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini :

Kotak Dialog
- Isilah kolom name dengan nama file yang anda inginkan, misalkan "Warung Pecel",
- Size adalah ukuran kertas yang akan anda gunakan, biarkan saja tidak usah diklik pada kolom size.
- Width adalah lebar halaman, dan Height adalah tinggi halaman, ketikkan pada kolom tersebut ukuran kertas yang akan anda gunakan, sebelumnya rubah dulu kolom milimeters dengan centimeter untuk memudahkan anda. Kemudian ketikkan ukuran kertasnya, misal jika anda membuat ukuran 1 meter x 1,5 meter berarti anda harus mengisikan 100 cm dan 150 cm.
- Kemudian klik OK.

4. Setelah terbuka maka akan muncul halaman sesuai dengan ukuran kertas yang anda ketikkan.
Langkah berikutnya adalah membuat sebuah kotak yang akan anda gunakan sebagai batas kertas anda dengan klik icon kotak yang ada di sebelah kiri layar.

Batas Kertas

Sesuaikan ukuran kotak yang anda buat dengan ukuran kertas, kemudian letakkan pas pada tengah kertas, atau bisa juga dengan klik kotak tersebut dan tekan tombol P pada keyboard anda.

5. Warnailah kotak anda dengan klik icon warna warna yang ada di kanan layar. Atau bisa juga anda menambahkan gambar sebagai background. Anda bisa mencari gambar di google atau di komputer anda jika sudah ada. Kemudian klik impor pada menu file, bisa juga dengan tekan tombol ctrl + I maka akan muncul kotak penelusuran gambar dan temukan lokasi gambar anda, kemudian klik impor.

Insert Picture
6. Tarik gambar yang anda import tadi sehingga selebar ukuran halaman kertas anda, kemudian klik menu effect dan temukan effect power clip, place inside container, dan masukkan ke dalam kotak yang anda buat tadi sehingga gambarnya ada di dalam kotak.

Place Inside
hasil setelah di place ke dalam kotak :

Hasil Place Inside

7. Background sudah selesai anda buat, berikutnya buatlah tulisan dengan klik icon "A" pada kiri layar.
Tulislah sesuai dengan keinginan anda.
Aturlah jenis huruf, ukuran huruf pada sidebar di atas gambar, setelah itu warnai huruf sesuai keinginan dengan klik salah satu warna pada layar sebelah kanan. Hasilnya seperti berikut :

Menambah Tulisan
8. Selanjutnya tulislah apa yang ingin anda tuliskan dan berilah gambar dengan cara impor seperti cara import yang saya jelaskan tadi.

9. Setelah selesai mendesain, jangan lupa klik menu file dan simpan file anda.

10. File yang sudah anda simpan copy di flashdisk dan berikan pada saat anda mau mencetak di tempat digital printing, tapi flashdisknya jangan dikasihkan lho ya.. hehe

Apakah anda tertarik? apakah anda masih ingin membuat banner pada orang lain? kalau bisa membuat sendiri kenapa harus menyuruh orang lain membuatnya?

Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.

1 comment :