BREAKING NEWS

Tuesday, January 26, 2016

Kubis Pelangi : Percobaan Sederhana Efek Kapiler

Kubis merupakan sayuran yang mudah kita jumpai di daerah pegunungan dan banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Umumnya, kubis berwarna putih dan bentuknya memanjang. Kalau di Jawa, kubis sering disebut sawi putih. Namun tahukah anda? Warna putih sawi bisa kita modifikasi jadi berwarna warni? Berikut akan saya praktekkan percobaan sederhananya.

Peralatan yang digunakan untuk percobaan simpel saja, siapkan sebuah gelas berisi air. Sedangkan bahan bahannya hanya kubis dan pewarna makanan secukupnya.

Cara kerjanya, masukkan pewarna makanan yang bermacam macam warnanya ke dalam gelas yang sudah terisi air, usahakan tiap gelas berbeda warnanya. Kemudian taruhlah daun kubis ke dalam gelas, masing masing 1. Diamkan selama semalaman, dan esok harinya daun kubis akan menjadi warna warni sesuai kandungan warna dalam gelas.

Mengapa bisa demikian? Jawabnya mudah, semua terjadi karena adanya efek kapiler dimana setiap daun menyerap air, jika airnya berwarna maka kubis pun akan menyerap warnanya. Hukum alam menyatakan bahwa tumbuhan mempunyai sifat menyerap air, baik akar, batang maupun daunnya.

Ini hanyalah sebuah percobaan sederhana, kubis pelangi hasil percobaan sebaiknya jangan dikonsumsi karena mengandung pewarna buatan. Jadi sekali lagi ini hanya percobaan. 
Percobaan ini telah saya praktekkan bersama anak anak ekstra KIR binaan saya dan telah saya buktikan hasilnya.

Kubis Pelangi

Post a Comment