BREAKING NEWS

Saturday, January 9, 2016

Suka Pramuka?

Pramuka identik dengan kegiatan kemah, hiking, baris berbaris, tali temali dan lain sebagainya. Pramuka adalah ekstra kurikuler sekolah yang diwajibkan. Tapi apakah peserta didik menyukai ekstra pramuka???

Dari penelitian yang saya lakukan di beberapa sekolah di kudus, dapat saya simpulkan bahwa sebanyak 80% peserta didik tidak menyukai pramuka. Angka yang cukup tinggi untuk awal dari kemerosotan kepramukaan.

Padahal sejatinya pramuka itu menyenangkan, pramuka itu membentuk pribadi dan mental siswa. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, pramuka dianggap menjenuhkan, membosankan dan tidak bermanfaat.

Sebagai orang yang peduli dengan pramuka, saya selalu ingin menghidupkan pramuka, terutama di sekolah saya. Para peserta didik saya ajak untuk mengenal pramuka melalui kegiatan kegiatan yang menarik dan membuat mereka senang. Meskipun yang tertarik dan berminat hanya sedikit, tapi dari sedikit itulah nilai nilai pramuka akan berkembang ke depannya.

Jadi, jangan pernah anggap pramuka itu membosankan dan tidak ada manfaatnya. Justru pramuka mengajarkan banyak sekali pendidikan karakter. Maka dari itu, saat pelaksanaan kurikulum 2013 kemarin pendidikan kepramukaan diwajibkan di semua jenjang sekolah.
Salam pramuka!!!
Foto Pramuka

Post a Comment